DAILY LIFE WITH GOD

Apr 2017
28
Roh Kudus Berikan Kesukaan Di Dalam, Meskipun Pencobaan Di Luar
oleh: Thomas Charles
Diterjemahkan oleh: Vinny

28 April

Roh Kudus Berikan Kesukaan Di Dalam, Meskipun Pencobaan Di Luar

“Sebab Kerajaan Allah bukanlah soal makanan dan minuman, tetapi soal kebenaran, damai sejahtera dan sukacita oleh Roh Kudus” Roma 14:17

Roh Kudus dijanjikan sebagai pemberian dari Bapa dan Anak, dan Ia datang ke dalam hati dan begitu mengasihi umat-Nya sehingga Ia menerima dan menetap dengan mereka selamanya, bertindak dengan otoritas dan kuasa menurut kehendak-Nya, sesuai kebutuhan beragam situasi dan keadaan. Ia mempersiapkan dan menguatkan mereka dalam setiap peristiwa, menyingkapkan apa yang harus diketahui, dan mengatur hati mereka selaras dengan jalan dan tahap yang dikehendaki-Nya. Kesukacitaan dari Roh Kudus adalah buah yang nyata: padat, kaya, menyegarkan, dan menyehatkan. Roh Kudus menghibur, menghidupkan, menguatkan, dan menumbuhkan jiwa. Sabar menanggung kesesakan, santun, kebaikan, kelembutan, dsb., semua adalah buah Roh Kudus (Gal.5:22-23), dan semua itu tidak dapat ditemukan di manapun kecuali di dalam hati orang percaya.

Sekalipun Ia menyingkirkan semua kenyamanan lahiriah anda, dan menjadikan anda semiskin dan semenderita Ayub, namun karena Roh Kudus di dalam anda, Ia dapat mengaruniakan anda kedamaian dan kenyamanan yang nyata. Meskipun salib menjadi begitu berat, satu demi satu bejana anda dikosongkan, menjadikan anda begitu miskin, malang dan tertindas; Roh Kudus yang ada di dalam anda, mampu mengisi hati dengan kesukaan tak terkatakan dan penuh kemuliaan. “Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu” (Yoh. 14:27), kata Kristus. Dunia tidak mampu memberikan damai sejahtera dan kesukacitaan tanpa menyingkirkan salib dan penderitaan. Kristus memberikan damai sejahtera di tengah kesulitan. Roh Kudus yang ada di dalam kita menyebabkan kita memuliakan Allah di dalam kesengsaraan, bersukacita memikul salib, dan menjadi pemenang bahkan di dalam kematian.

Allah tidak pernah menolak atau mengabaikan pemberian berkat ini bagi siapapun yang meminta kepada-Nya. “Mintalah, dan engkau akan menerimanya” merupakan deklarasi-Nya yang begitu penuh kemurahan. Oh carilah dengan sungguh-sungguh, dan mohonlah akan janji ini, dan anda pasti memperolehnya! Allah akan memperbesar persediaan untuk memenuhi semua kebutuhan, dan hati anda akan bersukacita dengan kesukaan yang tidak mungkin dirampas oleh siapapun, baik manusia maupun setan.

Diterjemahkan dari buku “Voices From The Past” dengan cuplikan tulisan Thomas Charles (1755-1814), Spiritual Counsels, pp. 55-64

Pembacaan Alkitab Dalam Setahun: 2 Samuel 15:1–17:14

JEJAK DEVOTION